Mar 9, 2013

TIPS ANAK PENGGUNA INTERNET

Tips Anak Pengguna Internet

Tips Anak

7 Hal yang Seharusnya Tidak Diungkapkan Anak di Internet

Intinya untuk menghindarkan anak dari bahaya


Dalam masa tren media sosial, game online, dan aplikasi seperti Foursquare, membagi informasi tentang diri Anda menjadi semudah menjetikkan tangan di mouse atau ponsel. Jadi ketika Anda membiarkan anak Anda mulai mengenal dunia online, pastikan mereka mengetahui sejumlah batasan yang seharusnya tidak dengan mudah mereka bagi begitu saja di media sosial, temi keamanan mereka.

Nasihati anak Anda untuk menghindari menyediakan tujuh hal berikut ini di dunia online:
1. Nama lengkap. Buatlah anak Anda memiliki nama alias yang tidak melibatkan nama aslinya atau nama keluarganya untuk menjaga ruang pribadinya.
2. Sekolah. Hindarkan anak mengungkapkan nama sekolahnya mereka, bahkan ketika mereka tengah chatting.
3. Alamat pribadi. Peringatkan anak untuk mengungkapkan alamat rumah, kota, atau bahkan negara ke siapa pun di dunia online.
4. Alamat email. Jaga anak Anda memberikan alamat email, meski terkesannya tidak berbahaya, namun alamat email bisa memberikan celah terjadinya bullying di dunia maya.
5. Nomor telepon. Ajarkan anak Anda untuk tidak memberikan nomor telepon ke sembarangan orang. Bullying di dunia maya bisa terjadi melalui ponsel anak Anda.
6. Lokasi saat ini. Laranglah anak Anda menggunakan aplikasi yang memperlihatkan keberadaan mereka baik di Facebook dan laman Twitter mereka.
7. Petunjuk tentang lokasi yang akan dituju. Jangan memberitahu orang lain tentang di mana dan kapan anak akan pergi, bahkan ke tempat publik sekalipun. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan dikuntit di dunia maya, atau penculikan.


Tips keamanan berbagi informasi

Beberapa informasi tidak masalah untuk dibagi secara online. Namun ada saja bahaya yang mengintai di luar sana. Berikut beberapa panduan pengamanan untuk mengajarkan anak Anda melakukan selancar di internet dengan aman:
- Jelaskan bahwa berbagi informasi atau foto dengan orang lain akan membuat informasi yang pribadi menjadi terpapar ke publik. Ia juga tidak akan bisa mengontrol informasi begitu informasi tersebut diberikan ke orang lain.
- Cek pengaturan privacy-nya di Facebook, MySpace, dan media sosial lainnya untuk memastikan informasi anak Anda hanya bisa dibaca teman mereka.
- Jangan pernah mengirimkan foto ke siapa pun yang belum pernah ia temui secara fisik.
- Pertimbangkan membuat program yang mengajarkan keamanan Internet seperti Web Wise Kid's Missing, sebuah game yang didesain untuk membantu anak-anak belajar bagaimana tetap aman di dunia online.

No comments: